Home » » Info Lengkap Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Basecamp Mawar

Info Lengkap Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Basecamp Mawar



Mendaki gunung adalah salah satu jenis hobi yang sangat diminati oleh banyak orang. Kebanyakan orang-orang yang tergabung dalam grup pecinta alam lah yang sering melakukan pendakian gunung. Didominasi oleh kaum adam pastinya.

Ini dikarenakan dalam mendaki dibutuhkan kekuatan fisik prima dan energi yang besar. Banyak gunung di Indonesia yang bisa dijadikan objek pendakian, dengan karakteristik dan kelebihan masing-masing. Seperti mendaki Gunung Ungaran dengan disediakan jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar.

Bahkan bagi para pecinta alam sejati, pendakian sudah menjadi makanan sehari-hari. Ada sederet jadwal pendakian ke gunung-gunung yang ada di dalam maupun di luar negeri. Setiap gunung menawarkan keindahan tersendiri, sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda bagi para pendaki. Pengalaman yang didapat sudah pasti seru dan tidak akan pernah tergantikan.

Beberapa nama gunung di Indonesia yang sering dijadikan tempat pendakian adalah Gunung Semeru, Gunung Lawu, Gunung Rinjani, Gunung Merbabu, Gunung Jaya Wijaya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ternyata masih ada gunung lain yang masih asing di telinga kita sebagai gunung yang bisa didaki, yakni Gunung Ungaran yang ada di Semarang Jawa Tengah.

Gunung Ungaran

Gunung ungaran
Foto by : @bellatrixbellatrix
Gunung Ungaran adalah salah satu dari nama gunung yang ada di Jawa Tengah, tepatnya berlokasi di Semarang. Gunung ini termasuk dalam gunung berapi dengan tipe Stratovolcano. Gunung Ungaran juga termasuk dalam deretan gunung tertinggi di Jawa Tengah, yakni ketinggiannya mencapai 2.050 meter di atas permukaan laut.  Cukup tinggi dan terlihat menjulang tinggi tegak.

Para pendaki sudah sangat hafal dengan jalur pendakian ke Gunung Ungaran ini. Ada 3 jalur pendakian yang bisa dilewati oleh para pendaki Gunung Ungaran, yakni Jalur Basecamp Mawar, Jalur Candi Gedong Songo, dan Jalur Promasan Limbangan Kendal. Dari ketiga jalur tersebut, jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar adalah yang paling sering dipilih.

Jalur Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar

Jalur pendakian Gunung Ungaran lewat jalur Jimbaran Mawar ini sama dengan lewat Basecamp Mawar. Jadi nama lain Jimbaran Mawar adalah Basecamp Mawar atau Pos Mawar. Jalur pendakian yang satu ini sangat familiar daripada jalur yang lainnya, maka dari itulah banyak pendaki yang memilih jalur ini.

Rute menuju Basecamp Mawar ini pun bisa dibilang mudah, sehingga banyak dipilih oleh para pendaki. Bukan hanya itu saja, dengan melewati jalur ini, pendaki akan melewati perkebunan teh yang hijau dan memukau. Semakin menambah keindahan pemandangan Gunung Ungaran.

4 Alternatif rute menuju Basecamp Mawar

Untuk menuju ke rute Basecamp Mawar, sebagai salah satu jalur pendakian favorit, ada 4 alternatif jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar, yakni :

  1. Rute dari Temanggung atau Wonosobo kemudian ke Sumowono. Dari sini, kita ambil arah ke tempat wisata Umbul Sidomukti Bandungan.
  1. Rute dari Terminal Terboyo dengan menaiki bus jurusan Bandungan. Sampai turun di Pasar Jimbaran. Baru naik ojek ke jalur pendakian Basecamp Mawar.
  1. Bagi para pendaki yang berasal dari Solo, Klaten, Magelang, Yogayakarta, dan Salatiga bisa memilih rute menuju Basecamp Mawar dari Ambarawa. Dari sini, kita menuju ke arah Desa Baran sampai di Pasar Bandungan lalu ke arah wisata Umbul Sidomukti.
  1. Rute alternatif yang keempat adalah rute dari Semarang. Cari arah ke Ungaran atau ke Candi Gedong Songo untuk mencapai Jalur Basecamp Mawar.
Keempat alternatif rute menuju Basecamp Mawar tersebut menjadi pilihan bagi para pendali yang memang berasal dari berbagai wilayah. Para pendaki bisa memilh rute mana yang dekat dengan wilayahnya.

Keunggulan Jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar

Setelah sampai di jalur pendakian Basecamp Mawar, maka kita akan mendapati pemandangan indah dan pos-pos pendakian yang nyaman. Ada banyak warung yang berjajar juga sebagai tempat pelepas haus dan lapar. Para pendaki yang belum lengkap bekal makanannya pun bisa mengisi tasnya di sini.

Pos-Pos Pendakian Gunung Ungaran

Ada 3 pos yang akan kita lewati jika mendaki ke Gunung Ungaran. Dimana jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar atau Basecamp Mawar ini sudah dekat dengan Pos 1. Kita hanya akan menghabiskan waktu 15 menit saja. Di Pos 1 ada tempat peristirahatannya yakni berupa gubuk dengan medan pendakian yang masih lumayan mudah. Kontur tanahnya pun masih datar. Kondisi pendakian tersebut masih akan kita dapati di Pos 2 setelah menempuh perjalanan 25 menit.

Kemudian dari pos 2 ke pos 3, kita memerlukan waktu 20 menit saja. Di Pos ke 3 inilah yang akan menjadi pos yang mulai melelahkan, karena jalan menanjak akan membuat energi kita semakin banyak yang keluar. Namun 10 menit kemudian, kita akan dibuat takjub dengan hamparan perkebunan teh yang sangat subur dan hijau setelah melewati Pos 3.

Kebun Teh ini adalah sebuah tempat pertemuan para pendaki yang melewati rute lain, yakni via Promasan. Udara yang sejuk akan sedikit mengobati rasa lelah kita. Setelah melewati Kebun Teh inilah puncak Gunung Ungaran menanti untuk didaki.

Untuk mencapai Puncak Gunung Ungaran, para pendaki harus bekerja ekstra sehingga bisa menaklukkan trek yang berat. Perjalanan panjang selama 1,5 jam harus ditaklukkan untuk mencapai puncak Ungaran yang menjanjikan keindahan. Ada 3 puncak gunung Ungaran yang perlu kita tahu, yakni Puncak Ungaran, Puncak Botak, dan Puncak Gendol.

Gunung ungaran
Foto by : @backpackere_id

Di puncak Gunung Ungaran ini, pemandangan indah akan terbentang luas di bawah kaki kita. Pemandangan gunung-gunung Jawa Tengah, pemandangan kebun teh, lembah, hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya akan menyuguhkan kombinasi keindahan yang sangat indah.

Tips Mendaki Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar

Pada dasarnya, tips mendaki gunung Ungaran ini sama dengan tips mendaki gunung pada umumnya, yakni :

  • Menjaga kelestarian alam dengan tidak memetik tumbuhan disana atau mengganggu fauna        endemiknya.
  •  Menjaga kebersihan alamnya.
  • Jangan menginap di puncak Gunung Ungaran, karena resiko angin besar akan sangat membahayakan. Lebih baik menginap di pos-posnya saja.
  • Membawa perbekalan mendaki yang cukup. Di Basecamp Mawar banyak warung berjajar, manfaatkan untuk membawa minum dan makanan yang cukup. Walaupun di pos 1 dan 2 masih ada sumber air. Namun di pos 3 sampai puncak tidak akan menemui air.
  • Selalu hati-hati dengan track di jalur pendakian Gunung Ungaran. Apalagi musim hujan, jalannya akan sangat licin dan sangat membahayakan jika tidak hati-hati.
  • Bawa perlengkapan mendaki dengan lengkap. Jika tidak membawa, ada tempat sewa tenda dan matras di pos-pos Gunung Ungaran. Harga sewanya pun juga murah meriah

Gunung adalah bentuk ketampakan alam yang indah. Dikunjunginya banyak pendaki adalah dengan tujuan melihat keindahan alam dan sebagai wujud syukur akan keindahan alam yang ada. Maka dari itulah harus dijaga kelestariannya.

Untuk mengisi waktu liburan, mendaki Gunung Ungaran bisa menjadi alternatif yang tepat. Untuk harga tiket pendakian gunung Ungaran jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran Mawar ini adalah sekitar 7 ribu sampai 12 ribu saja per orang. 

Akan tergantung pada berapa malam kita mendaki. Harga 7 ribu adalah untuk menginap selama 2 hari 1 malam, harga 9 ribu untuk 3 hari 2 malam, dan 12 ribu untuk 5 hari 4 malam. Cukup murah dan kita sudah akan mendapatkan pengalaman terbaik seumur hidup.

0 komentar:

Posting Komentar