Home » » Info Lengkap dan Tips Mendaki Gunung untuk pemula

Info Lengkap dan Tips Mendaki Gunung untuk pemula

Mendaki gunung merupakan kegiatan olahraga di alam bebas, kegiatan ini masuk kategori ekstrim. Yang membutuhkan persiapan yang matang, fisik yg prima dan metal yang baja. Namun kategori ektrim tidak melekat lagi untuk gunung-gunung.

Perkembangan jaman saat ini merubah gunung seperti wahana bermain bahkan pasar dadakan. Sudah banyak para muda mudi, anak-anak bahkan orang tua yg menghabiskan berakhir pekan di gunung. 

kenapa mendaki gunung menjadi pilihan ? Mereka memilih alam bebas untuk mengisi hari libur, karena perasaan nyaman dan tenang akan di dapatkan saat berada alam bebas. sebab itu gunung sekarang berasa seperti pasar dadakan disaat akhir pekan.


Foto by : @gunungprayrepost

Untuk mengurangi hal yang tidak di inginkan, dibutuhkan ilmu dalam pendakian. Ilmu pendakian sangat berguna sekali untuk mengurangi resiko-resiko yang terjadi saat pendakian.

Inget pepatah pendakian "Yg sudah pergi tak akan pernah kembali, kita yg masih dsini harus lebih berhati-hati" Khususnya saat mendaki gunung di manapun. Karena setiap gunung punya karakter yg berbeda.

Buat kalian yg ingin mendaki gunung dengan baik dan sesuai prosedur pendakian baca yuk tips sebagai berikut :

Persiapan peralatan pendakian kalian, sudah pasti kalian yg mendaki membutuhkan peralatan yg membantu kelanacaran dalam pendakian. Peralatan Yang wajib dibawah dalam pendakian sebagai berikut :


Tenda :

foto by : bukalapak

Tenda ini wajib di bawah saat pendakian. tenda mempunyai banyak manfaat kegunaan saat pendakian yaitu tempat untuk beristirahat saat malam hari, tempat untuk berlindung dari panas, hujan dan gangguan hewan lainya. 

Tenda kita ibaratkan sebuah rumah, tempat berlindung yang paling aman dan nyaman. pilih tenda yang memiliki bahan waterprof. supaya kalian saat kehujanan tenda kalian tidak bocor.

Carrier

Carrier atau tas gunung, sebelum mendaki kalian wajib mengetahui kapasitas carrier tersebut, usahakan kalian memilih kapasitas carrier yang sesuai sama kebutuhan. cari jenis carrier yang bermerk ternama. sebab kenyamanan saat mendaki sangat dibutuhkan. 

Foto by : bukalapak

peralatan yang kalian bawa dalam pendakian bisa dibilang sangat banyak,semua peralatan pendakian harus terbawa menggunakan carrier. sebab itu mengapa kalian harus memilih jenis carrier yang nyaman dipundak, dan tidak berasa sakit saat dipakai.

Kompor portable n nesting :

Foto by : Bukalapak

Kedua alat ini sama-sama saling dibutuhkan. Kalau tidak ada alat ini kalian mau makan apaan di gunung nanti. Alat ini bisa kalian gunakan saat menyajikan makanan atau minuman hangat. sebab didalam pendakian tidak ada pedagang klontong yang menyajikan makan siap saji. dan Jangan sampai lupa beli gas kaleng. Kompor tidak akan menyala kalau tidak ada gas kaleng.


Sepatu hicking :

Foto by: bukalapak

Alar pelindung kaki ini mesti mutifungsi. Karatktek gunung yang berbeda-beda sudah pasti memiliki jalur pendakian yang beda . Dibutuhkan sepatu yg multifungsi, supaya saat melewati jalur pendakian tetap safety, kuat dalam pijakan. Dan jangan lupa yang waterprof supaya dalam kondisi hujan kaki tetap kering dan nyaman.


Trekking pole

Foto by : bukalapak



Bagi pendaki pemula, trekking pole sangat membantu sekali dalam pendakian. jalur pendakian yang menanjak dibutuhkan pijakan yang kuat, dan trekking pole juga untuk menahan beban badan kalian akibat gravitasi. lumayan buat mengurangin beban lutut selama pendakian.

Jacket atau Sarung tangan :

Foto by : Bukalapak

Manfaat sarung tanagn dan jaket gunung sangat berguna sekali dalam pendakian. Di usahakan menngunakan sarung tangan dan jaket yang tebal. Supaya dalam kondisi cuaca ektrim sekalipun suhu badan akan tetap terjaga . Kenapa di gunung itu dingin ini penjalasan secara ilmiahnya.

" semakin kalian berada di ketinggian maka gaya gravitasi semakin kecil sehingga menyebabkan udara semakin tipis."

Karena Udara makin tipis semakin sedikit media yang bisa menghantarkan panas matahari, sehingga ketiadaan panas menyebabkan temperature menjadi turun itulah yang menyebabkan kenapa berada di pengunungan terasa lebih dingin dibandingkan dataran rendah walaupun dataran tinggi lebih dekat ke matahari.

Nah sudah mengerti kan ? kenapa di gunung itu mesti menggunakan sarung tangan dan jaket yg tebal

Handlamp

Foto by : bukalapak

Alat listrik portabel yang digunakan untuk menerangi saat keadaan malam hari. kenapa alat ini wajib di bawah, bisa digunakan untuk menerangi di dalem tenda. dan banyak pendaki juga yang melakukan pendakian pada saat malam hari.

namun buat kalian yang belum pernah mendaki dan mengetahui jalur pendakian lebih baik mendaki saat siang hari. dikhawatirkan bisa membuat kalian tersesat jika memaksa mendaki saat malam hari.


Jas Hujan Ponco

kalian mau mendaki musim ujan atau panas, jas hujan wajib di bawah. ingat cuaca di gunung sulit di prediksi. masalah besar jika peralatan pendakian yang kalian bawah sampe kehujanan. bakal sulit buat bertahan di suhu dingin tanpa ada pakaian kering.
Foto by : bukalapak



dan setiap jalur pendakian tak selamanya memiliki shelter untuk berteduh saat cuaca lagi hujan. jadi wajib membawa jas hujan saat pendakian.



Kompas :

Foto by : bukalapak

Alat yang sangat berharga saat melakukan kegiatan pendakian, kompas bisa digunakan sebagai alat navigasi saat berada di hutan. sebab itu alat ini sangat penting dibawah saaat pendakian karena kompas lebih akurat dalam menunjukkan arah.


Sangkur :

Foto by : bukalapak

jenis benda tajam, namun beda tajam dalam artian yang positif. sangkur sangat berguna jika kita bawah dalam pendakian. sangkur sangat membantu saat survival dialam bebas, kalian gunakan untuk berjaga-jaga dari ganguan hewan buas, atau buat mengubur sesuatu yang bersifat pribadi.


Kamera

Alat dokumentasi, penting alat ini di bawah kalian bisa manfaatkan sebagai dokumentasi semua kegiatan kalian di alam, buat kalian yang membawa kamera jenis DSLR dijaga lensanya. dikhawatirkan suhu yang dingin membuat lensa kamera berembun.


Kalian mau aman bawa kamera underwater, jenis kamera underwater cocok untuk kegiatan dialam. kamera jenis ini bisa bertahan dengan kondisi cuaca ektrim sekalipun.


P3k ( Pertolongan pertama pada kecelakaan )

Foto by : bukalapak



Pentingnya keselamatan dan kesehatan saat kegiatan dialam. kalian wajib membawa alat perlengkapan safety p3k untuk berjaga-jaga. lalu apa saja perlengkapan p3k yang perlu dibawah saat pendakian. berikut p3k yang wajib di bawah :



1. Antiseptik seperti obat merah atau providen iodin
2. Perban atau kasa steril
3. Obat sakit kepala atau flu
4. Obat paracetamol
5. Obat Oralit atau diare.
6. Oxygen untuk sesak nafas
7. Tissue kering 

Logistik makanan


Logistik makanan yang mesti kalian bawah harus bergizi, bukan hanya kenyang dan muda dikonsumsi aja. kalian mesti memikirkan makanan yang dikonsumsi bergizi atau banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kalian. 

kalian mesti sadar kegiatan mendaki itu membutuhkan fisik yang prima, bagaimana mau dapat energi tambahan jika asupan nutrisi makanan yang kalian konsumsi selama pendakian tidak bergizi. sebab itu kalian wajib membawa makanan ini saat pendakian, laluapa saja jenis makanan yang mesti dibawah. berikut makanan yang wajib di bawah saat pendakian :


1. Beras
2. Telor
3. Nugget atau sosis
4. Sarden kaleng
5. Susu atau wedan jahe
6. Roti gandum
7. Keju atau coklat
8. Madu
9. Buah apel, pisang atau buah kesukaan kalian.


Bagaimana info lengkap ini, sudah jelaskah alat yang mesti dibawah saat mendaki. bawa peralatan yang perlu dan bermanfaat. “Jadikan pendakian itu Perjalanan menyenangkan, Tidur nyaman, dan Makan enak.” Hal tersebut bisa diperoleh jika melakukan prosedur pendakian yang sesuai seperti persiapan dan tidak mengabaikan prosedur keselamatan.


Jangan lupa sampah bawah turun kembali. gunung bukan perumahan yang setiap sore ada petugas kebersihan yang mengambil sampah. digunung tidak ada petugas kebersihan, jadi kalian bawah turun kembali sampahnya. 


Semoga info ini bermanfaat bagi pendaki pemula. kurang lebihnya bisa ditambahkan dikolom komentar.











































































































0 komentar:

Posting Komentar