Home » » Geopark ciletuh sukabumi

Geopark ciletuh sukabumi

Geopark ciletuh

Geopark Ciletuh itu apa si ? Dijelaskan kalau menurut para ahli geologi yang pernah meneliti Geopark Ciletuh Sukabumi, tempat ini adalah salah satu kawasan dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Geopark Ciletuh Sukabumi, Masuk Ke Kawasan Batuan Tertua Di Pulau Jawa Disebutkan juga kalau tempat ini dahulu sebenarnya adalah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut, dan kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh.

Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik. Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Ciletuh, menurut bahasa berarti air yang keruh (ci atau cai = air; letuh = keruh). Nama kawasan yang kini menjadi kawasan usulan geopark pertama di Jawa Barat ini, mengindikasikan keadaan alam di Ciletuh, khusunya tanahnya dan tata air.

Tanah yang mudah tererosi, terutama di saat hujan turun, menyebabkan air limpasan di sungai-sungai keruh. Boleh jadi, nama ini juga mengindikasikan adanya aktivitas penambangan di kawasan hulu yang menyebabkan air sungai di hilirnya menjadi keruh. Mungkinkah awal pemunculan nama “Ciletuh” dapat berkorelasi dengan awal penambangan di kawasan tersebut? Menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Lokasi Geopark Ciletuh


Alamat: Ciwaru, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Tangerang : Tangerang- Ciawi – Sukabumi – Cibadak – Jalan Cibatu – Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Jika kalian ingin mengujungi geopark lebih baik cari Penginapan, Dikarnakan Perjalanan yang jauh bisa 7 jam perjalanan ke Ciletuh dari Tangerang. tenang akses jalan sudah baik, tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan. hanya kurang penerangan aja.


Homestay



Penginapan disini bervariasi gimana minat kalian aja, mau ngambil rumah atau kamar aja. biaya penginapan ada yang harga mulai 300 s/d 400. dan harga bisa berubah-ubah tergantung tawar menawar sama yang punya Homestay.

Homestay



Lumayan dapet Homestay yang ada halamanya, dan Saung pula. saungnya keren viewnya menghadap kelaut. tapi sayang lautnya keruh. tapi tidak apa-apa meski air laut keruh juga, yang penting kebersamaan bisa ngumpul bareng.

Homestay



Pantai Palangpang


Hembusan angin pantai Pantai Palangpang buat jiwa dan pikiran jadi tenang ditambah kebersamaan bisa kumpul bareng. kapan lagi coba liburan bareng begini. Indah aja bawaan meski air laut coklat juga.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang



Jangan Kecewa dulu, ciletuh masih punya banyak wisata disini bukan hanya Pantai Palangpang saja, masih ada curug (air terjun) disini. memiliki 9 curug dikawasan ciletuh dan Bukit yang memiliki pemandangan indah siap buat memanjakan mata. 

Geopark ciletuh


Kalau berkunjung kesini jangan lupa poto diplang Geopark ia. Plang Geopark tidak jauh dari penginapan, Hanya berjalan kaki 5 menit kita sudah sampai diplang geopark ciletuh, namum kondisi disini cukup ramai. jadi kita harus bergantian jika ingin poto diplang geopark sukabumi.

Karna cuaca tidak mendukung (hujan) kami tidak bisa mengujungi curug-curug yang ada disini, sayang sekali padahal keindahan curug ini memiliki batuan tertua yang ada di Pulau Jawa.


Adapun Nama Curug Dikawasan ciletuh. :

  • Curug Awang, 
  • Curug Tengah, 
  • Curug Puncak Manik,
  • Curug Cikanteh, 
  • Curug Ngelai, 
  • Curug Sodong, 
  • Curug Dogdog, 
  • Curug Nyelempet dan 
  • Curug Cimarinjung.


Mengisi malam dipinggir pantai tidak lengkap tanpa ikan bakar. menu ikan bakar jadi santapan makan malam kami. wangi dari ikan bakar dan derungan ombak yang menghantam pinggiran garis pantai yang menemani makan malam kami. serasa hidup ini indah ditambah segelintir canda tawa menghibur.

Gimana pengalaman yang recommended bukan, datangi dan nikmati alam yang asri ini, usahakan jangan musim hujan. supaya kalian puas menujungi semua curug yang ada disini.



















0 komentar:

Posting Komentar