Home » » Tebing panenjoan sukabumi

Tebing panenjoan sukabumi

Tebing Penenjoan Surga Tersembunyi Di Sukabumi



Tebing Panenjoan

Wisata alam yang indah, menikmati alam di Tebing Panenjoan. Panenjoan merupakan sebuah daerah ketinggian/tebing, dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Tebing Panenjoan - Ciletuh



Sejarah Panenjoan berasal dari kata “tenjo” bahasa Sunda, yang artinya “lihat” (tingali).

Selain wilayah Panenjoan ada juga wilayah Paniiisan, yang jaraknya beberapa ratus meter dari Panenjoan. Paniisan (dalam bahasa Sunda) berarti tempat untuk beristirahat, karena di area tersebut terdapat bendungan kecil (masyarakat sekitar menyebutnya Cekdam) yang membuat suasana di sekitarnya menjadi dingin “tiis” (dalam bahasa Sunda).

Wilayah Panenjoan dan Paniiisan menjadi salah satu tempat wisata untuk melihat dan mengamati area Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) dari ketinggian, sehingga apabila kita berdiri di kedua tempat tersebut, kita bisa menyaksikan pemandangan alam Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) yang sangat menakjubkan.

Baca Juga : Geopark Ciletuh, Wisata Menarik di Sukabumi

Di atas Tebing Panenjoan ini sudah memiliki bangunan-bangunan permanen yang khusus dibuat bagi pengunjung. Karena tebing ini sebenarnya tepi jurang dari lembah Ciletuh, jadi sudah di bangun pagar pembatas buat keselamatan pengunjung.



Tebing Panenjoan - Ciletuh

Di bawah tebing Panenjoan bisa di lihat hamparan sawah dan perkampungan warga. Ada 3 desa yang terletak di bawah Tebing Panenjoan tersebut, yaitu desa Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti. Selain bisa melihat perkampungan warga di atas tebing Panenjoan, kita juga bisa melihat bentang alam berupa deretan bukit-bukit yang berjejer membentuk sebuah mangkuk berukuran setengah atau membentuk amfiteater dengan ukuran raksasa.

Selain membentuk sebuah amfiteater raksasa, dari Tebing Panenjoan tampak jelas dengan mata telanjang menghampar Samudera Hindia yang membentuk Teluk Ciletuh dengan pesisir Pantai Palangpang beserta pulau-pulau kecilnya, salah satunya yaitu Pulau Mandra.

Baca Juga : Keindahan Puncak Darma Sukabumi

Di atas Tebing Panenjoan tersebut, ketika cuaca cerah bisa disaksikan 2 buah air terjun atau curug (dalam bahasa sunda) yang cukup terkenal yaitu Curug Cimarinjung dan Curug Cikanteh yang berada di tepi-tepi bukit di seberang tebing Panenjoan.

(Sumber : Ciletuh.com )

Lokasi - Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi


Secara administratif, kawasan Ciletuh Geopark berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute ke Panenjoan dari Tangerang- Ciawi- Cibadak- Pelabuhan Ratu – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark. Bukit Panenjoan gerbang utama menuju ciletuh, sebelum ke ciletuh geopark pasti akan melewati panenjoan terlebih dahulu. 16 km lagi  menuju ciletuh geopark.

Baca Juga : Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciletuh Geopark. Dan Bukit Panenjoan ini berada di pinggir jalan sebelah kanan dan tak jauh dari plang utama Ciletuh Geopark. Pemandangan Indah ini Gratis, kalian hanya bayar Parkir Rp:2.000.-.Sepeda Motor dan Rp. 5.000 kendaraan Roda Empat
Gimana tertarik untuk datang ke Bukit Panenjoan yang berada di kawasan wisata alam Ciletuh Geopark? Berhati hati jangan sampai melewati Pagar pembatas,  Jaga keindahanya alamnya, dengan membuang sampah ditempat yang disediakan.









0 komentar:

Posting Komentar