Home » , » Puncak darma sukabumi

Puncak darma sukabumi

Petualangan di Puncak Darma, Geopark ciletuh.




Sejarah Puncak darma


Apa si itu puncak darma disebut Wilujeng Sumping Kawasan Wisata Alam Taman Bumi (Geopark Ciletuh), Semacam kaya bukit gitu, pemandangan geopark ciletuh akan nampak terlihat semua dari puncak darma

Sejarah nama Puncak darma di Populerkan tahun 2004, oleh Alm. H, Opan Sopandi. Direktur, CV. Darma Guna, disebut. "Puncak Darma" karna pada saat itu bukaan PMB Jalan Ini dikerjakan oleh Cv. Darma Guna.

Sebelum Tempat ini di namai Puncak Darma, Nama tempat ini dikenal dengan nama "PASIR MUNCANG" atau "PUNCAK KEMIRI"  (Sumber : Ciletuh.com)

Baca Juga : Telaga warna puncak

Lokasi :

Puncak Darma Terletak Di Desa Giri Mukti, Kec. Ciemas. Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Pantai Palangpang


Perjalanan dimulai


Pertama kami harus menitipkan Motor diparkiran yang telah disediakan Pengelolah, Jarak dari homestay keparkiran hanya 10 menit , tapi menggunakan kendaraan bermotor ia. sampai parkiran ada saung dekat lahan parkiran,bisa digunakan buat beristirahat sejenak.

Dari area parkir pos awal pendakian. Kalian bisa  mampir Curug Cimarinjung yang hanya berjarak sekitar 300 meter, Tebing setengah lingkaran dan batuan besar berundak - undak menyempurnakan keindahan air terjun setinggi sekitar 50 meter itu.


Jalur Kepuncak Darma



Lanjut kita menyusurin bukit, kami berjalan kaki  dengan  jalanan yang bebatuan berair. Nampak terlihat masih seperti batuan kali yang masih alami. hati-hati buat kalian ketika menapaki Jalan ini. bisa terpeleset atau terkilir nanti kakinya.

Baca Juga : Situ Patenggang, Ciwidey - Bandung

Setelah Jalan 30 Menit terdapat Plang gitu yang buat nyambut pengujung. tetulis selamat datang cinta. Sayang Rangga enggak ikut, andai rangga ikut. tercipta lah moment AADC puncak darma. heheh...



Gapura selamat datang cinta



Lanjut lagi dengan jalur berupa tanah, dan becek karna habis hujan semalam, Tapi  udara disini lumayan sejuk, Adem banget buat  kalian traveler yang butuh ketenangan, rumput ilalang menemani perjalanan kami menuju puncak darma. wajar saja udara disini sejuk. mengingat kanan kiri pepohonan semua. tidak ada permukiman warga. 



Jalur Kepuncak Darma


Nanti ditengah perjalanan kalian akan menyebrangi aliran sungai yang lumayan besar, dengan kondisii jembatan tidak layak. pegangan kanan kiri jembatan yang enggak ada. komdisi becek banget dijembatan.


Jalur Kepuncak Darma



Apa karna  tidak ada rumah penduduk. jadi jembatan ini tidak ada yang mengurus. harusnya pengelolah puncak darma yang memelihara akses jalan tersebut. bahaya bila suatu saat nanti jembatan ini roboh  dimakan usia.



Jembatan Kepuncak Darma


Setelah melewati jembatan, treck selanjutnya bebatuan berair lagi. udh enak-enak tadi trecknya tanah.  eh malah ketemu lagi yang ini airnya lumayan berasa kaya berjalan dialiran sungai. atiati licin banget bebatuanya.


Kondisi Jalur Bebatuan Berair


Sekitar setengah jam dari jembatan tadi kita sudah sampai kepuncak darma. ternyata ramai banyak pedagang yang menyediakan saung-saung, lumayan buat  beristirahat sebentar nikmati pemandangan indah dari puncak darma. enggak jauh beda loh pemandanganya hampir sama seperti Puncak Kosakora.

Puncak Darma


Puncak darma


Sebelum Kekawasan Puncak darma kita bayar estimasi terlebih dahulu, murah hanya Rp, 3.000. sampai puas poto-poto disini. Lumayan sejuk dan cuaca mendukung banget.


Puncak Darma

Puncak Darma

Puncak Darma



Perjalanan yang menantang dan tidak mudah buat sampai kepuncak, terbayar sudah lelah kami begitu indah pemandangan dari puncak darma, air laut yang keruh menghiasi menghampar Samudera Hindia yang membentuk Teluk Ciletuh. 



Puncak Darma

Puncak Darma

Puncak Darma

Puncak Darma



Menurut kalian gimana, indah bukan pemandangan dari puncak,  bisa jadi referensi liburan kalian diakhir pekan ni. hanya 1 jam setengah dari parkiran motor enggak begitu jauh. anak traveler pasti kuat dong jalan 1 jam stgh mah. 

Baca Juga : Destinasi Ujung Genteng

Semoga bisa jadi referensi liburan kalian. demikian perjalanan kami mengujungi Puncak darma. Kami ingin berbagi saran berupa pengalaman buat kalian yang ingin kesini.


Tips Ke Puncak Darma  :

  • Gunakan Sepatu outdoor 
  • Jangan kesini diwaktu hujan, enggak ada tempat berteduh kecuali sudah sampai puncaknya.
  • Kalau buat mencari sunset atau sunrise gunakan handlamp
  • Jangan buang sampah dijalur atau kawasan puncak.






3 komentar:

  1. Halo salam kenal ya saya blogger newbie.. postingannya keren.moga next time bisa ke puncak darma juga... amin

    BalasHapus
  2. Tempatnya keren, cuma jauh banget.

    BalasHapus