Home » » Pengalaman Mendaki Gunung Sumbing

Pengalaman Mendaki Gunung Sumbing

Ada 3 jalur pendakian Gunung Sumbing yaitu Jalur Garung, jalur Cepit Parakan, jalur Butuh Kaliangkrik. Jalur favorit Pendaki ialah jalur Garung.

Gunung sumbing ketinggian 3.371 mdpl (meter diatas permukaan laut) yang terletak diTiga kota dijawa, Wonosobo, Temanggung, Magelang. Tipe Gunung berapi stratovolcano, Letusan terakhir tidak diketahui pasti kapan meletus, tetapi dipuncak gunung masih terdapat kawah yang masih aktif.

Sumbing memiliki 2 puncak, Puncak Buntu (3362 mdpl) dan Puncak Sejati (3371mdpl). View gunung lain dari puncak ialah Gunung Sindoro, Merapi, Merbabu, Slamet, Ungaran, dan Lawu. Kondisi gunung memiliki kawah, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous, bukit, medan terjal dan bebatuan, tidak ada sumber mata air. masih kental dengan tradisi dan budaya . 

Pendakian Via Garung Lama



Pendakian bersama Petani Adventure


Open trip PETANI Adv kali ini kami memilih Gunung sumbing karna banyak reques dibasecamp Petani. Pendakian kami pilih jalur Garung karna sebagian dari kami sudah pernah kesini, aman kami rasa karna sudah tau jalur dan kondisi. berangkat dari tangerang jam 21:00 wib. Tiba dibasecamp garung Jam 15:00 wib. lumayan lama didalam bus 18 jam. maklum macet parah. mulai star mendaki dari base camp pukul 17:00 wib.  

Dari basecamp jalur pendakian ke pos 1 berupa jalan aspal menuju ke area ladang penduduk. Sampai di area ladang penduduk yang ditanami tembakau, jalur berubah jadi makadam atau batu yang tersusun rapi dengan trek yang cukup landai. Waktu tempuh dari basecamp menuju pos 1 sekitar 2 jam dengan berjalan kaki.

Baca Juga : Info Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Untuk menghemat tenaga ada alternatif lain yaitu dengan naik ojek dari basecamp dengan ongkos sekitar 25 ribu. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat tenaga karena trek selepas pos 1 akan semakin terjal dan sulit. dan kami semua memilih berjalan dari basecamp sampai ke Pos 1.

Pos 1 (Malim)


Tiba pukul 19.00 dipos 1 malim, kami beristirahat sejenak, sambil meluruskan kaki dan makan cemilan yang kami bawah. sambil menghibur 1 sama laen yang sudah terlihat kelelahan. maklum lelah kami karna seharian didalem mobil.

Lanjut kembali menuju pos 2 genus yang jalur pendakian didominasi berupa tanah padat yang cukup nyaman meskipun jalurnya sedikit nanjak tapi masih dalam hal yang wajar bagi kalangan pendaki terdapat banyak percabangan dijalur ini namun tetap menjadi 1 jalur. diperlukan waktu 1 1/2 jam dari pos 1 sampai kepos 2 genus.

Pos 2 (Genus)


Pos 2 berupa tanah lapang yang bisa menampung sekitar 3 tenda. terpaksa pos 2 hanya kami lewati karna tidak cukup banyak menampung tenda lagi. mengingat kami membawa 6 tenda. kondisi yang lain juga masih pada kuat untuk melanjutkan kepos 3. dan lanjut kepos 3 dengah menempuh sekitar 2 jam perjalanan terbilang melelahkan karna jalan lebih banyak menanjak. selama perjalanan kepos 3 tidak menemukan jalur yang landai, lebih banyak melihat ketas.


 Pos 3 (Seduplak roto)


Tiba dipos 3 kami memilih beristirahat dan cek kondisi yang lain, apa masih pada kuat apa harus sebagian ngecamp disini. ternyata wanita yang ikut lumayan strong, masih kuat buat melanjutkan ke pos 4, istirahat 30 menit buat mengisi perut dan melihat jam sudah pukul 12 malam, dengan udara dingin kami bongkar logistik, bikin minuman yang bisa menghangatkan tubuh, bikin teh cara yang baik buat menghangatkan badan sambil makan roti gandum.

Meski lahan pos 3 terbilang lebih luas dibanding pos 2 tapi apa dikata sudah penuh tenda pendaki lain tidak memungkin buat pasang tenda.

Terasa dingin seluruh tubuh ini, mungkin karna kelamaan berdiam diri, dan kami memutuskan melanjutkan kepos 4 pestan. dengan pertimbangan kalau ada tempat buat ngecamp langsung buat tenda. dan setau teman kami pestan memiliki tempat yang luas dan terbuka, jarang ada pohon terlalu sering terjadi angin besar atau badai.

Sampai pestan,kami melihat pohon bergoyang kencang kami semua disambut angin besar bisa dibilang badai, jarak pandang terbatas karna debu muter mengikuti angin kencang dan kami semua memutuskan berhenti menunggu kondisi aman, sambil cek kondisi yang laen, dan kami memutuskan pasang tenda dibawah pestan. dengan kondisi kontur tanah sidikit miring dan masih ada sisa bekas kebakaran,tapi tak apa-apa yang penting istirahat. mengingat jam sudah pukul 03:00 pagi.

Bangun pukul 07:00. kami sarapan pagi dulu sebelum melanjutkan kepuncak. jam 8 mulai persiapan kepuncak, dengan membawa logistik,jas hujan, p3k dan air yg banyak mengingat puncak masih jauh. semua peralatan berat kami tinggalkan didalem tenda. tapi ada beberapa orang tidak muncak dan memilih jagain tenda. jadi aman saat kami tinggal muncak.


Sebelum berangkat muncak




Kami mulai pendakian menuju puncak. Setelah beberapa menit kami sampai di Pestan. Pestan merupakan tempat terbuka yang luas. walaupun banyak yang mengatakan mendirikan tenda di Pestan beresiko karena sering terkena badai tapi banyak juga tenda yang terpasang di Pestan.


Pos 4 (Pestan)


Pestan jalur yang cukup gersang dan debu beterbangan sehabis diijak pendaki lain ditambah tiupan angin yang bikin mata iritasi karna anging becampur debu. meski duff kami pakai debunya masih berasa.

Jalur Pestan

Jalur Kepasar Watu

Jalur kepasar watu




Sekitar 2 jam menuju Pos 5 pasar watu, dan mulai keliatan fisik yang lain mulai pada down. karna panasnya matahari yang tepat diatas kepala kami. tidak ada pohon yang bisa buat berlindung dari teriknya matahari.

Baca Juga : Info Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Selama masih persedian logistik dan air mencukupi kami memutuskan melanjutkan sampai kepasar watu, dan sebagian lagi kembali ketenda karna tidak kuat dengan panasnya matahari. Pilihan yang baik kembali ketenda ,jangan maksain kepuncak kalau situasi dan kondisi tidak memungkinkan.


Pos 5 (Pasar watu)


Tiba di pasar watu 11:00 siang, yang kami liat puncak masih jauh. bikin lemes kaki apa lagi kami harus turun memutari batu besar atau tebing untuk kepuncak. kami harus berhati-hati memutari karna sedikit terjal kontur tanahnya. tapi hanya 30 Menit kami sudah tiba di Watu kotak


Pos 6 (Watu kotak)



Watu Kotak




Pos watu kotak pas dibawah batu besar atau tebing yang kami putari, ada yang pasang tenda pas diwatu kotak. Biasanya para pendaki mendirikan camp dipos terakhir sebelum puncak dan summit attack pada dini hari. Namun perlu diketahui bahwa untuk ngecamp di watu kotak sangat terbatas, jadi jangan sampai tidak kebagian tempat.

Menuju puncak "Penderitaan" itulah satu kata yang patut dalam pendakian menuju puncak . Tak hanya sampai di watu kotak, menuju puncak pun jalur pendakian masih sangat berat, menanjak dan semakin menjadi-jadi. Tanjakannya mebuat lutut dan wajah selalu bertemu. Jalur pendakiannya masih berupa batu-batu besar dengan tanjakan sangat terjal.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 1/2 jam untuk sampai dipuncak. dan akhirnya kami tiba dipuncak buntu pukul 12:30 wib. bahagianya kami tiba dipuncak buntu, dan langsung mencari plat sumbing tapi tak ketemu. karna plat sumbing nya ada dipuncak sejati sekitar 15 menit lagi. udah kecapean kalau harus naik lagi. terpaksa minjem plat sumbing sama kelompok lain. dibanding harus kepuncak sejatinya. 



Puncak buntu

Puncak buntu

Puncak buntu

Puncak buntu

Puncak buntu



Setelah puas menikmati pemandang puncak dan berpoto ria kami memutuskan turun. hanya 30 menit kami dipuncak sana. perbekalan kami habis semua, hanya tersisa air sebotol buat turun. air juga diutamakan buat 3 wanita, hanya 3 wanita yang sampai puncak 2 lagi memilih balik ketenda.

Perjalanan turun sedikit lebih cepat dibanding menanjak, tapi tetap berhati-hati demi keselamatan. kami hanya 2 1/2 jam sudah sampai ketenda sekitar pukul 4 kurang sampai tenda. sampai ditenda kami langsung makan, makanan sudah disiapkan teman kami yang menunggu ditenda.
Setelah makan selesai kami segera packing dan memutuskan untuk turun . sebelum turun kami berfoto dulu.
Keluarga besar PETANI Adv.



Sekitar 4 jam kami turun dan sampai kebase camp sumbing jam 22.00 wib. dan sebelum masuk bus kami salin terlebih dahulu dibasecamp. Bagimana tertarik kalian mendaki gunung sumbing, semoga pengalaman bermanfaat buat pendaki lain.

Ada tips ini buat yang ingin mendaki semoga bermanfaat.


Tips Pendakian


  • Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan.
  • Latihan fisik seminggu sebelum hari keberangkatan.
  • Persiapan peralatan mendaki dengan baik dan benar.
  • Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung.
  • siapakan logistik dan air yang banyak, karna selama pendakian tidak ada sumber mata air.
  • Puncak bukan tujuan pendakian, Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
  • Bawa kembali sampahnya !

Salam Mdpl ....






0 komentar:

Posting Komentar